Pembimbing bpk. Anas & bpk. surahto
MACAM MACAM OSKILASI PADA KENDARAAN
1) PITCHING adalah gerakan (goncangan) bagian depan dan belakang kendaraan naik dan turun terhadap titik pusat grafitasi kendaraan. Gerakan atau goncangan ini seperti menganguk-angguk. Hal ini dapat terjadi terutama apabila mobil melaju dijalan yang bergelombang atau juga di jalan yang tidak rata dan berlubang.
2) BOUNCHING merupakan gerakan ke atas atau kebawah pada keseluruhan bodi kendaraan atau naik dan turunnya bodi kendaraan depan dan belakang secara bersamaan, berbeda dengan pitcing yang hanya salah satu sisi saja (depan atau belakang). Umumnya bouncing terjadi ketika kendaraan melewati jalan yang bergelombang dengan kecepatan yang tinggi.
3) ROLLING miring ke salah satu sisi kendaraan, kiri ataupun kanan. Ini terjadi ketika mobil berjalan atau berbelok di jalan yang bergelombang, sehingga akan menyebapkan salah satu sisi pegas (spring) pada kendaraan kendaraan akan mengembang, sedangkan sisi yang satunya lagi akan mengkerut. Rolling juga disebapkan karena tinggi kendaraan antara kanan dan kiri tidak sama
4) YAWING merupakan gerakan body kendaraan yang menyimpang ke salah satu sisi kendaraan, kesisi kanan atau ke sisi kiri dari titik sumbu tengah kendaraan. Jalan yang tidak rata, berlubang dan bergelombang menjadi salah satu penyebap yawing, jalan yang seperti itu tidak hanya menyebapkan yawing tetapi juga bisa menciptakan gerakan pitching.
KOMPONEN KOMPONEN SHOCK ABSORBER
1. EYE
Mungkin, setiap pabrikan sok bisa menyebutnya dengan istilah yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, banyak yang menyebut komponen ini dengan istilah Eye. Fungsinya, sebagai penahan atau dudukan sok breker dengan sasis kendaraan. Orang awam biasa sebut ‘anting-anting’.
Mungkin, setiap pabrikan sok bisa menyebutnya dengan istilah yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, banyak yang menyebut komponen ini dengan istilah Eye. Fungsinya, sebagai penahan atau dudukan sok breker dengan sasis kendaraan. Orang awam biasa sebut ‘anting-anting’.
2. SPRINGBiasa disebut per atau pegas. Komponen yang punya bentuk ulir melingkar ini berfungsi menahan beban kendaraan dan memberikan fungsi elastisitas pada suspensi. Per ini, juga berfungsi buat menahan beban dan bantu proses rebound.
3. PISTON
Setiap shock absorber pasti dilengkapi dengan piston. “Piston ini, berfungsi mengatur kinerja sirkulasi oli yang ada di dalam tabung sok,”
Setiap shock absorber pasti dilengkapi dengan piston. “Piston ini, berfungsi mengatur kinerja sirkulasi oli yang ada di dalam tabung sok,”
4. PISTON ROAD
Selain dikenal dengan piston road, komponen ini juga dikenal dengan sebutan main shaft atau as sok breker.
Fungsinya, bertugas sebagai jalur penopang dan dudukan piston. Terutama dibagian ujung. Nantinya, piston akan ditahan oleh mur yang berada di bagian paling atas main shaft.
Selain dikenal dengan piston road, komponen ini juga dikenal dengan sebutan main shaft atau as sok breker.
Fungsinya, bertugas sebagai jalur penopang dan dudukan piston. Terutama dibagian ujung. Nantinya, piston akan ditahan oleh mur yang berada di bagian paling atas main shaft.
5. DAMPER
Damper juga dikenal dengan cushion rubber. Part atawa komponen ini bertugas buat meredam entakan atau beban yang diterima ketika terjadi proses rebound. Maka itu, erat kaitannya antara damper dengan spring.
“Damper ini berfungsi meredam gaya ke atas dari elastisitas spring dan menambah fungsi spring,” sebut Arief. Terbayang dong jika sok tidak mengaplikasi damper. Pastinya, ketika terjadi proses rebound akan terdengar bunyi keras akibat benturan part yang satu dengan part lainnya.
6. TABUNG
Tabung sok berfungsi sebagai part penampung oli atau gas. Ketika sok bekerja, maka oli atau gas akan mengisi bagian luar tabung. Dalam perkembangannya, sekarang ini terbagi menjadi model mono tube dan double tube.
“Model double tube cenderung lebih kuat ketimbang model mono tube. Karena dari komposisi sok sendiri yang memang dirancang untuk seperti itu,” bilang Bima. Biasanya model mono tube memiliki tabung dibagian atas. Sedangkan double tube, umumnya berada dibagian bawah.
7. REBOUND ADJUSTER
Jika diperhatikan, beberapa sok yang memiliki teknologi terkini, kerap memberikan berbagai part untuk seting suspensi. Salah satunya, rebound adjuster. Fungsi part ini, untuk menghambat atau melancarkan sirkulasi oli.
“Semakin dihambat sirkulasi oli, maka rebound yang dihasilkan semakin lambat. Sebaliknya, jika dilancarkan, maka rebound semakin cepat,” ungkap Benny. Biasanya part ini memiliki ragam model rebound adjuster. Dan, kerap diaplikasi di sok untuk kebutuhan balap atau high performance.
Damper juga dikenal dengan cushion rubber. Part atawa komponen ini bertugas buat meredam entakan atau beban yang diterima ketika terjadi proses rebound. Maka itu, erat kaitannya antara damper dengan spring.
“Damper ini berfungsi meredam gaya ke atas dari elastisitas spring dan menambah fungsi spring,” sebut Arief. Terbayang dong jika sok tidak mengaplikasi damper. Pastinya, ketika terjadi proses rebound akan terdengar bunyi keras akibat benturan part yang satu dengan part lainnya.
6. TABUNG
Tabung sok berfungsi sebagai part penampung oli atau gas. Ketika sok bekerja, maka oli atau gas akan mengisi bagian luar tabung. Dalam perkembangannya, sekarang ini terbagi menjadi model mono tube dan double tube.
“Model double tube cenderung lebih kuat ketimbang model mono tube. Karena dari komposisi sok sendiri yang memang dirancang untuk seperti itu,” bilang Bima. Biasanya model mono tube memiliki tabung dibagian atas. Sedangkan double tube, umumnya berada dibagian bawah.
7. REBOUND ADJUSTER
Jika diperhatikan, beberapa sok yang memiliki teknologi terkini, kerap memberikan berbagai part untuk seting suspensi. Salah satunya, rebound adjuster. Fungsi part ini, untuk menghambat atau melancarkan sirkulasi oli.
“Semakin dihambat sirkulasi oli, maka rebound yang dihasilkan semakin lambat. Sebaliknya, jika dilancarkan, maka rebound semakin cepat,” ungkap Benny. Biasanya part ini memiliki ragam model rebound adjuster. Dan, kerap diaplikasi di sok untuk kebutuhan balap atau high performance.
Pragmatic Play: The 7 Best Casino Sites for Slots & Live Dealers
BalasHapus7 Best Casino Sites 동두천 출장마사지 for Slots 포천 출장안마 & Live Dealers 광양 출장샵 · 1. Red Dog Casino – Best Slots Online · 2. 888 Casino – Best Casino For Slots · 3. 제주 출장샵 Bovada 동해 출장샵 – Best